Gumuk Pasir | Informasi, Foto, Rute dan Harga Tiket Masuk


Gumuk Pasir
sc : Zaskia Adya Mecca

Salah satu wisata yang wajib dikunjungi di Yogyakarta adalah Gumuk Pasir yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Parangtritis dan Parangkusumo. Gumuk Pasir ini termasuk dalam coastal dunes atau gumuk pasir pesisir yang tersebar di seluruh garis lintang di dunia. Di Asia Tenggara sendiri, coastal dunes atau gumuk pasir pesisir terdapat di tiga negara, yaitu Filipina (La Paz Sand Dunes), Vietnam (Mui Ne Sand Dunes), dan Indonesia. Di Indonesia terdapat beberapa gumuk pasir yang memanjang di selatan Pulau  Jawa, tetapi pembentukan paling signifikan terdapat di Yogyakarta.

Namun konon terbentuknya Gumuk Pasir ini berkaitan langsung dengan aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang berada jauh di ujung sebelah utara Yogyakarta. Kenapa bisa demikian? Padahal Gumuk Pasir sendiri berada di pesisir pantai selatan Yogyakarta. Ternyata hal tersebut diakibatkan Gunung Merapi yang pernah meletus dengan kekuatan yang sangat dahsyat sehingga muatan vulkanik berupa pasir maupun debu bertebaran dan menyebar keseluruh pelosok Yogyakarta.

Gunung Merapi yang letak nya berada di sebelah utara, dengan kondisi tanah lebih tinggi maka lambat laun muatan vulkanik tersebut terbawa oleh hujan dan aliran sungai yang bermuara di Pantai Selatan. Sesampainya di Pantai Selatan muatan vulkanik tersebut beradu dengan ombak Pantai Selatan yang terkenal ganas sehingga muatan vulkanik yang mengalir tersebut menjadi partikel-partikel kecil dan akhirnya terbawa angin menuju daerah dimana sekarang Gumuk Pasir Parangkusumo berada. Tentu saja fenomena alam tersebut berlangsung sangat lama bahkan hingga sekarang.

Gumuk Pasir Parangkusumo yang dulunya hanya dilihat sebagai tumpukan pasir yang tidak berguna kini telah berubah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Gumuk Pasir, selain ber-selfie-ria salah satu kegiatan kekinian yang banyak diburu wisatawan adalah bermain sand boarding atau meluncur diari atas “bukit-bukit” pasir menggunakan papan. Permainan ini mirip seperti snow boarding hanya saja medan nya adalah pasir.

Waktu yang tepat untuk berkunjung di Gumuk Pasir adalah saat sore hari dimana cahaya matahari sudah tidak menyengat kulit dan pencahayaan untuk berfoto sangat pas karena cantik nya matahari sore. Tidak jarang juga dijumpai calon pengantin yang melakukan foto pre-wedding di Gumuk Pasir Parangkusumo. 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nic🦄 (@merlitmo) on

Lokasi dan Rute Menuju Gumuk Pasir

Saat ingin menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo anda hanya perlu lewat jalan Parangtritis. Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo searah dengan jalan menuju pantai Parangtritis tepatnya di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772.

 

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir

Sebelum sampai dilokasi Gumuk Pasir akan ada Pos Retribusi untuk pembelian tiket masuk. Harga tiket masuknya pun tergolong murah, cukup dengan Rp. 5000,- per orang, anda bisa menikmati Gumuk Pasir dan wisata lain disekitar Parangtritis.

Untuk harga sewa papan sand boarding di Gumuk Pasir Parangkusumo adalah berkisar Rp. 100.000,- untuk satu papan sand boarding, dan bisa digunakan untuk bermain sepuasnya.

Fasilitas Gumuk Pasir

Fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo terbilang cukup, mengingat lokasi nya yang berada didekat pantai :

  • Spot Foto
  • Warung Makan
  • Musholla
  • Tempat Parkir
  • Toilet

Jadi tunggu apalagi? ayo segera booking perjalanan mu bersama jogjabackpacker.id! Kita seru-seruan bareng di Jogja!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *